Warna-warni Ramadhan @hari20&21 : Ramadhan Transformation!

Standard

Bismillah..

Satu pekan kehidupan baru di Cilacap selatan, masih dalam nuansa Ramadhan yang penuh dengan warna tentunya 🙂 hal yang berkesan dari udara Cilacap adalah anginnya yang terus bertiup membawa aroma laut, dan langit bintang yang bertaburan saat malam menjelang.. menemani langkah kami berangkat dan pulang tarawih dengan semangat.

Akhir pekan ini adalah momen special! Pertama karena akan memasuki 10 hari terakhir yang penuh dengan keutamaan, dan satu lagi karena saya diberi kesempatan untuk turut nimbrung dalam acara pesantren kilat yang diselenggarakan oleh BDI (Badan Da’wah Islam) Pertamina, bekerjasama dengan Iqro Club Cilacap.

Tanggal 20 Ramadhan pukul 14 lewat 5 menit.. setelah sempat tersasar dan berputar cukup jarak, sampailah saya pada kompleks perumahan Pertamina, dimana terletak masjid Nurrahim tempat diadakannya kegiatan. Kompleksnya sunyi, udara siang bertiup mambawa kesegaran saat itu. Setelah berkenalan dan berbincang dengan mbak panitia yang ceria, saya pun coba membantu apa yang bisa saya lakukan, menyiapkan co-card, menata meja registrasi, atau sekadar menyambut datangnya peserta dengan senyuman terbaik 🙂

Acara ini diikuti oleh adik-adik dengan rentang usia yang cukup lebar. Mulai dari SD, hingga kuliah semester awal. Kesan pertama berjumpa dengan mereka adalah.. senang! Dejavu akan masa lalu keemasan yang pernah saya lewati di ‘surau’ itu. (dimana? Masih rahasia^^ hmm.. clue-nya adalah : sebuah kompleks masjid di Bandung, yang selalu ramai dengan hiruk-pikuk amal kreatif!) Senang rasanya melihat adik-adik dekat dengan masjid! Sungguh!

(tuh,, lihat saja betapa seriusnya mereka menyimak pembicara,, ada yang masih keciiil,, sampai yang udah abege,hehe)

Dua hari satu malam, itulah waktu yang tersedia untuk belajar melalui pesantren kilat yang bertajuk “Ramadhan Transformation!” ini 🙂

****

malam sunyi pun dilalui, mentari pagi membuka pagi di sepuluh hari terakhir Ramadhan dengan penuh kesegaran.

Semangat pagiii!!!”  sapa kang trainer membuka sesi penuh semangat. Materi pertama tentang mengenal diri.

Adik2 seriuus sekali mengisi form penilaian kepribadian yang telah disediakan.. hmm.. saking seriusnya,, sampai ada yang ketiduran,, *ups! Eh..eh.. gak usah nyontek yaa.. pede aja lagi!

****

Nah,,, ini dia waktu yang sudah ditunggu-tunggu.. outbond ceria!

Hmm.. bagai sayur tanpa garam tuh, kalau outbond tak pakai yel-yel.. betul? Yap, Pak trainer pun memulai sahutan dengan suara menggelegaarr.. membangunkan mata-mata yang masih sayu tertiup angin segar di pagi hari..

“Apa kabar adik-adik hari inii..???”

**Haha,, jiwa saya kembali terbang ke masa2 saat menjadi adik KARISMA(keluarga remaja Islam Salman) dulu! Tentu saya dan teman-teman saat itu akan menjawab : “Alhamdulillaah luar biasaa… AllaahuAkbarr….!!”**

tapi kali ini ternyata telah menunggu jawaban yang unik dan membuat adik-adik (dan juga saya) menebak-nebak apakah kiranya yang dimaksud oleh pak trainer??? ini dia jawabnya..

wow! eits… ini bukan sedang menguap lho! Tapi sedang mambalas sahutan. Jawabannya begini : auwowowowowowo….”-Ala suku Indian^^-EEMM… GEEE… CEE… EESSS… ABEEEE….!!” (Apa pula inii??) lengkap dengan gerakan di tiap sahutannya dong 🙂

Tenang.. masih ada lanjutannya.. pak trainer kembali bertanya :

“Untuk apa kita disiniii….???”

Ini dia jawabannya :

 

 Menjadiii…”

 

 

 

 

 

“Generasi Cahayaaa…”

 

 

 

 

 “Sayaaaangg…”

 

 

 

 

 

 

”Ayah Bundaaaa…!!”

Yes!! Generasi CAHAYA! Saya suka itu 🙂

Hmm,, out bond baru saja dimulai! Setelah pemanasan dengan yel yang keren, games2 seru pun berlanjut..

Pertama, games membentuk kelompok. Pak trainer memberikan instruksi untuk membentuk bangunan-bangunan yang berbeda sesuai jumlah anggota kelompok yang harus disusun. Jika kelompoknya satu orang, adik-adik akan membuat MONAS,dengan kedua lengan tegak di atas kepala.

Jika empat orang,, membentuk formasi BUNGA dengan sahutan “kembaang-kempiiss-kembaangg-kempiiss”-nya.

 

 

 

 

 

 

Untuk kelompok dengan anggota 8 orang, adik-adik akan membuat kereta! “tuuut tut gejes gejeesss.. tuut tut gejes gejeesss..!” seru!

 

 

 

 

 

 

 

Kemudian games “BUNDA berkata..”! yang dibuat tambah seru dengan hiasan biru di wajah bagi kelompok yang salah melakukan atau tidak melakukan perintah.. keceriaan begitu terasa,, setiap ada adik yang salah, serempak semuanya berkata “eeeeeaaaaaa…!!!” hihihi lucu..

ini Bunda berkata agar adik-adik memejamkan mata. hehe, jangan tidur yaa..! 🙂

Nah, terakhir adalah games yang menguji kekompakan kelompok dan kelihaian strategi! Rescue the ball! Hmm.. yup..satu..dua.. satu.. dua.. yang kompak yaa..!

Alhamdulillah outbond pun usai, kami pun kembali ke selasar masjid dengan semangat yang telah ter-refresh. Di masjid, kami melanjutkan sesi materi pengenalan diri yang sangat inspiratif! Sudahkah menemukan seperti apa potensi yang ada pada diri? Sudah terbayang kah bagaimana harus menyalurkannya?

Masa remaja adalah masa yang sangat esensial. Seorang pemuda yang memiliki semangat membara dan idealisme yang kokoh, merekalah generasi penerus yang tangguh bagi Negara ini, dunia ini, insyaAllah. Sedang marak-maraknya perkebangan fisik dan neuronal otak, harus diseimbangkan juga dengan pemasukan pikiran positif dan cita-cita. Sehingga mereka tidak terjebak pada sikap yang dikatakan ‘insensitif’ oleh karena terlambatnya perkembangan psikis terhadap perkebangan fisik yang terjadi.

Tapi saya menyadari satu hal, bahwa binar mata mereka, senyum dan semangat mereka, akan selalu menumbuhkan optimisme di dada! Ayo para pemuda, kita ber-TRANSFORMASI! Menjadi bentukan yang lebih baik dan baik lagi!

Akhirnya, sanlat pun ditutup dengan pembacaan ikrar jambore Ramadhan

PROKLAMASI

“Kami peserta jambore Ramadhan Transformation dengan ini menyatakan Transformasinya. Hal-hal yang kami dapatkan selama acara untuk bertransformasi akan diselenggarakan dalam tempo yang secepat-cepatnya dan selamanya.”

Cilacap, 21 Ramadhan 1432 H,

Atas nama adik peserta 🙂

Alhamdulillah…:)

Advertisements

2 responses »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s